Pages

Selasa, 10 Desember 2013

Baca dan Nulis

          Hello mina-san akhirnya setelah sekian lama berhibernasi saya kembali lagi. Masih seperti biasa saya pun nggak tau mau nulis apa disini. Lagian saya nulis apapun disini juga terserah saya kali. Kan ini blog saya yang punya. Iya gak? Hehe…

          Oh ya, cerita dikit nih. Tadi barusan baca buku kumpulan cerpen. Genrenya sih horror gitu. Setelah baca-satu dua cerpen di dalemnya saya jadi sedikit nyesel baca tuh buku. Karena ternyata isinya tak secetar membahana covernya. Diam-diam saya nyesel ngeluarin kocek Rp 65.000 buat beli tu buku. Nggak perlu sebut judul lah, yah intinya sih kalo menurut saya cerpen-cerpen dalam buku itu semuanya biasa aja. Khas kayak dongeng atau cerita-cerita hantu yang digambarin berkulit pucat, muka serem de el el lah. Meskipun saya belum membaca secara keseluruhan tapi saya sudah merasa bosan duluan jadi ya udah good bye deh. Mungkin ntar dibaca kalo lagi gak ada kerjaan.

          Saya memang selalu menyiapkan kocek tersendiri untuk beli buku. Kalo untuk buku saya memang nggak ngerasa sayang atau kalo orang jawa bilang ‘gak eman-eman’. Pada dasarnya saya emang suka baca sih. Sekarang aja ada total tiga buku yang belum saya baca dan siap menemani waktu senggang saya nantinya. Buat saya apapun buku itu pasti ada manfaatnya. Lagian buku juga bukan sesuatu yang cepet abis. Makanya saya gak segan ngeluarin uang buat beli buku.

          Berawal dari hobi baca lama-lama saya juga pengen bisa jadi kayak penulis-penulis yang saya baca karyanya. Bisa berbagi info, ide dan gagasan. Akhirnya saya mulai belajar nulis. Tapi kok rasanya susah yah. Keinginan ada tapi ide gak ada, atau malah sebaliknya. Akhirnya saya nulis Cuma kalo lagi pengen.
Dan ternyata di kelas saya ada juga yang hobi nulis. Bedanya kalo dia suka nulis fiksi kayak cerpen, cerbung de el el. Kalo saya sih lebih suka yang ilmiah kayak artikel, opini, esai dll. Menurut saya karya-karya dia tuh bagus—bagus loh. Imajinasinya luar biasa. Cerpen dan cerita yang dia bikin bukan sekadar cerita cinta remaja atau drama, tapi bisa dibilang genrenya tuh fantasy. Jadi cerita yang dia bikin tuh sesuatu yang bisa bikin kita serasa berada di dunia yang berbeda pada umumnya. Meskipun begitu dia masih segan untuk mengirimkan karya—karyanya ke penerbit. Padahal menurut saya itu udah pantes banget kalo diterbitin.
Jujur saya jadi sedikit iri sama dia. Dia punya ide dan dia bisa menuangkannya. Sedangkan saya?. Baru ngadep layar word aja dah bingung apa yang mau ditulis. But, saya sih positif thinking aja. saya Cuma perlu banyak latihan aja. Jujur kalo nulis fiksi saya emang kurang bisa sih. Meski kadang idenya ada tapi bingung mo mulainya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar