Pages

Sabtu, 19 Oktober 2013

Bingung milih jurusan? bukan jamanya lagi

Duh, bingung nih milih jurusan apa…
Kurang lebih begitulah jawaban kebanyakan siswa kalo ditanya ‘mau kuliah jurusan apa?’. Akupun dulu begitu, secara aku kan juga pernah SMA hehe. Tapi buat kamu-kamu yang baru masuk SMA ataupun yang udah SMA sebaiknya udah mulai mikirin jurusan apa yang akan kalian pilih. Karena ini juga penting buat mulusin jalan kamu ke depan.

Ibaratnya orang kalo mau pergi kan harus punya tujuan. Begitupun sekolah. Jangan mentang-mentang masih kelas 1 SMA trus kamu santé-sante. Justru kelas 1 SMA kamu harus udah mikirin bidang studi apa yang pengen kamu pelajari lebih dalam. Dalam memilih jurusan di perguruan tinggi, jangan asal-asalan milih apalagi cuma iku-ikutan. Kamu harus tau apa yang kamu pengen dan yang kamu cita-citakan. Jangan sampe udah di tengah jalan ternyata jurusannya gak cocok sama minat dan kemampuan kamu, ujung-ujungnya kuliah kamu jadi gak fokus. Nah mulai sekarang coba deh gali sebanyak-sebanyaknya kemampuan kamu. Kamu bisa mulai dengan apa yang kamu sukai. Misal kamu suka nulis, berarti kamu bisa masuk sastra dan bahasa. Atau kamu suka utak atik radio rusak atau TV rusak berarti kamu tertarik dengan jurusan teknik tuh…

Nah kalo udah tau tujuannya kemana berarti harus tau jalan mana yang harus dipilih. Kalo udah naik kelas 2 SMA kan biasanya ada penjurusan nih. Ada IPA, IPS, dan bahasa. Nah ketika kamu udah tau tujuan kamu kemana kamu gak bakal deh bingung milih jurusan. Yang pengen masuk teknik yak e IPA, yang pengen masuk akuntansi atau manajemen ya masuk IPS dan seterusnya.

Setelah tau tujuanya kemana dan pake jalan yang mana, sekarang tinggal mikirin pake apa kesananya. Dan satu-satunya ‘kendaraan’ yang paling mudah tapi susah dijalani(pengalaman :p) yaitu BELAJAR. Ya, Cuma itu. Kalo kamu belajar, insya Allah nilai-nilai rapot kamu bagus dan kalo nilai rapot kamu bagus berarti kamu udah punya modal buat bisa ketrima di PTN favoritmu. Karena seperti yang kita tau acuan SNMPTN sekarang bukan Cuma nilai UN tapi juga nilai rapot.

Banyak dari teman-temanku yang tidak lolos SNMPTN kemarin menyesal karena tidak belajar semaksimal mungkin ketika semester 3-5. Terus kalo udah gitu kan mau gak mau harus ikut SBMPTN atau ujian mandiri. Dan kalo masih gak diterima juga? Ya udah nunggu taun depannya lagi.

Nah makanya buat adik-adik yang udah duduk di bangku SMA mulai aktif cari info tentang kuliah biar ntar gak bingung. Oh ya sedikit tips nih dari aku kalo milih PTN pas daftar SNMPTN. Saranku sih untuk pilihan pertama pilih deh universitas yang top sekalian, yah minimal yang selalu menempati 3 besar di Indonesia lah sseperti UGM,UI, atau ITB. Nah pilihan keduanya yang peluang masuknya gede. Hehe itu dulu sedikit tips dariku…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar